blog ini berisi tentang artikel,tips,makalah, dan lain-lain

Thursday, August 17, 2017

MAKALAH MUSIK TRADISIONAL NUSANTARA “ KAMPUANG NAN JAUH DI MATO “



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Lagu berjudul Kampuang nan Jauh di Mato ini dipopulerkan oleh Oslan Husein, seorang aktor dan penyanyi di Indonesia yang terkenal menyanyikan lagu-lagu berbahasa minang. Lagu yang dalam bahasa Indonesianya yaitu Kampung yang Jauh di Mata ini populer di era tahun 1950an, saat generasi pertama perantau sesudah kemerdekaan. Ketika itu para pemuda merantau mencari ilmu dan biasanya pulang kampung pada saat bulan puasa (ketika itu di bulan puasa sekolah diliburkan). Pada bulan libur itu hampir setiap hari lagu ini disiarkan oleh RRI (satu-satunya radio ketika itu). Memang terasa nikmat ketika pulang bersama naik kapal laut dari Tanjung Periuk ke Teluk Bayur. Di sana perantau bertemu dan melepas rindu dengan orang tua, sanak saudara, dan teman yang juga pulang.

Lagu ini telah menjadi khasanah nusantara, karena sudah menjadi lagu rakyat Indonesia, Bahkan lagu ini dapat dikatakan bukan sebagai lagu yang diperuntukan orang minang. Tapi apakah makna lagu ini masih relevan dengan zaman sekarang ?

Takana jo kampuang ? (Rindu dengan Kampung Halaman ?) Mungkin tingkat kekangenan itu tidak lagi seperti dahulu, karena dunia serasa sudah mengecil tanpa batas jarak dan waktu. Media transportasi semakin canggih sehingga pulang kampung pun dapat dihitung dalam beberapa jam saja. Ditambah dengan media komunikasi yang sedikitnya dapat melepas rasa kangen.

B.     Rumusan Masalah
1.      Pengertian musik tradisional ?
2.      Pengertian lagu tradisional kampuang nan jauh dimato ?
3.      Alat musik apa saja yang mengiringi musik tradisional tersebut ?
4.      Apa makna lagu tersebut ?
5.      Fungsi / peranan lagu tersebut ?
6.      Nilai estetis lagu tersebut ?

C.     Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah penulis mengajak kepada pembaca semua khususnya generasi muda agar lebih mrngenal,mencintai dan melestarikan lagu daerah dan kebudayaan indonesia.


BAB II
ISI


A. Pengertian Musik Tradisional Nusantara

Musik tradisional Nusantara adalah musik yang berkembang di seluruh wilayah kepulauan dan merupakan kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Musik ini tersebar hampir di seluruh pelosok negeri dan setiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda. Musik Nusantara lahir, tumbuh, dan berkembang di seluruh wilayah Nusantara.

B. Lagu ini berisi perasaan hati orang Minangkabau yang rindu dengan kampung halamannya. Seperti kita tahu, orang Minangkabau memiliki kebiasaan merantau ke daerah lain, dan sekarang kita dapat menemui orang Padang di mana-mana, terutama terkenal dengan masakan Padangnya yang terkenal, bahkan ke seluruh dunia.
Lirik Aslinya:
Kampuang nan jauh di mato Gunung sangsai bakuliliang Takana jo kawan-kawan nan lamo Sangkek basuliang-suliang

Panduduknyo nan elok
Nan suko bagotong royong Kok susah samo-samo diraso Den takana jo kampuang
Takana jo kampuang
Induak ayah adiak sadonyo Raso mangimbau-ngimbau den pulang Den takana jo kampuang
Arti dalam Bahasa Indonesia:

Kampung yang jauh di mata
Gunung bukit berkeliling
Saya rindu padamu sahabat-sahabat lama
Seruling bersahut-sahutan

Penduduknya yang elok
Yang suka bergotong royong
Kalau susah samasama dirasa
Saya terkenang pada kampung halaman

Terkenang, pada kampung halaman
Ibu, ayah, adik semua
Terasa memanggil-manggil saya pulang
Saya terkenang pada kampung halaman
C. Diiringi oleh alat musik tiup (saluang, bansi, serunai, puput batang padi, puput tanduk dan suliang), alat musik perkusi (gendang dol/gendang besar, ketipung, rebana, gandang sedang, talempong, dan gong/canang
D. Makna  dari lagu ini adalah seseorang yang sedang rindu kepada kampung halamannya. Selain itu, sesorang tersebut juga rindu kepada ibu, ayah, dan adiknya.
E. Fungsi / Peranan lagu ini adalah sebagai pengobat rasa rindu akan kanpung halaman bagai para perantuan.
F. Lagu ini telah menjadi khasanah nusantara, karena sudah menjadi lagu rakyat Indonesia, Bahkan lagu ini dapat dikatakan bukan sebagai lagu yang diperuntukan orang minang. Karena hampir semua orang indonesia yang hidup di kampung merantau ke kota, sehingga mereka akan rindu kampung halaman setiap mendengar kagu ini.




BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa Kampuang Nan Jauh di mato merupakan lagu daerah Sumatra Barat.Lagu ini sarat pesan moral tentang kerinduan seorang perantau akan kampung halamannya.

B.     SARAN

Kita sebagai generasi muda harus bisa melestarikan lagu dan budaya daerah,agar nantinya tidak punah dan generasi penerus selanjutnya bisa mengenal lagu dan budaya daerah di Indonesia

No comments:

Post a Comment