blog ini berisi tentang artikel,tips,makalah, dan lain-lain

Tuesday, December 19, 2017

Makalah Penelitian Sejarah Desa Girimarto, Wonogiri

Latar Belakang
Penulisan sejarah(Historigrafi)merupakan fase atau langkah yang penting dari beberapa fase yang biasanya dilakukan oleh peneliti sejarah.Penulisan sejarah(historiografi)merupakan cara penulisan ,pemaparan,atau pelaporan hasil penelitian sejarah yang telah dilakukan sebagai hal perwujudan laporan penelitian atau penulisan sejarah tersebut.Penulisan sejarah juga dapat menjadi ekspresi kultural dan pantulan keprihatinan sosial masyarakat atau kelompok sosial yang dihasilkan oleh zamannya.
Penulisan sejarah desa dibuat agar sejarah lokal tersebut tetap lestari dan tidak dilupakan.Dimana peristiwa yang terjadi tidak tertutupi oleh peristiwa berikutnya dan hilang seiring berjalannya waktu.Intinya untuk mengigatkan kepada anak anak muda jaman sekrang agar tidak meluoakan sejarah.Karena sejarah memiliki manfaat yang tidak sedikit di masa mendatang.
Asal usul Desa Girimarto
1.Menurut Bapak Naryo:
Desa Girimarto awal mula berdiri pada zaman kerajaan Majapahit.Buktinya,terdapat sebuah Kademangan dan Ronggo,yang katanya bapak Naryo merupakan pusat pemerintahan waktu itu.Yang mana Demang dan Ronggo merupakan Abdi Keraton yang diberi tugas memimpin pemerintahan di tingkat desa.
2.Menurut Bapak Suyardi:
Desa Girimarto terdapat sebuah kademangan dan ronggo.
Dulu,Desa Girimarto terdiri dari dua wilayah yaitu:Dukuh janti,kendal,nglaban,senutan dan donayan merupakan wilayah kademangan yang dipimpin oleh seorang demang.Sedangkan dukuh Girimarto dan Randusulur merupakan wilayah Ronggo.Menurut Bapak Suyardi sendiri, setelah Merdeka kemudian ada perubahan sistem Pemerintahan.Dan Kademangan dan Ronggo itu disatukan menjadi satu sehingga terbentuklah Desa Girimarto.


     3.Menurut Ibu Sumarti:
Menurut ibu sumarti sendiri bahwa terbentuknya desa girimarto berawal dari namanya yaitu Giri berarti gunung dan Marto berarti urip atau hidup.

Jadi dari pernyataan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Desa Girimarto terbentukmelalui proses dimana dari proses tersebut dikatakan bahwa desa Girimarto memiliki sebuah Kademangan dan sebuah ronggo.Dan dari sebuah kademangan dan sebuah ronggo tersebut terbentuk desa yaitu Desa Girimarto.
Perkembangan Desa Girimarto
Menurut Narasumber narasumber diatas perkembangan Desa Girimarto dimulai dari sistem pemerintahannya yaitu yang pada awalnya berbentuk kademangan dan Rangga kemudian berbentuk menjadi sebuah Desa Girimarto.
Dan perkembangan Desa Girimarto sampai saat ini masih bisa diamati dari sisi kehidupan ekonomi,politik dan lainnya.Seperti misalnya Banyaknya pengrajin pengrajin Genteng di daerah kendal Girimarto RT3.Yang kedua banyaknya pengrajin kayu di Girimarto Rt2.
Perkembangan desa dilihat dari sisi sistem pemerintahan sampai saat ini masih bisa dilihat seperti Kepala desa,Carik,Lurah,Rt,Rw dan sebagainya.
Definisi desa girimarto
Girimarto adalah Desa di Kecamatan Girimarto,Kabupaten Wonogiri,Provinsi Jawa Tengah,Indonesia.

Negara                          :Indonesia
Provinsi                         :Jawa Tengah
Kabupaten                    :Wonogiri
Kecamatan                   :Girimarto
Kode pos                       :57683
Luas                               :3,96km
Jumlah penduduk        :4.066 jiwa
Kepadatan                    :1.026,77 jiwa per km
Potensi ekonomi
Sektor perekonomian di desa Girimarto pada umumnya adalah agraris,home industri,perdagangan dan jasa.
Di sektor pertanian Desa Girimarto memiliki berbagai produk unggulan seperti beras,ketela,cengkeh dan lain lain.
Di sektor home Industri terdapat berbagai industri rumahan seperti tempe kripik bu wiwik rt 2,genteng di kendal rt3,dan batu bata.
Di bidang perdagangan ada sebuah pasar pahing di Desa Girimarto yang buka seminggu sekali.
Di sektor Jasa di desa Girimarto banyak sekali seperti tukang cukur,pijat,dan lain lain.

Penutup
          Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini,tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya,karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

          Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman terus memberikan kritik dan saranyang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan kesempatan berikutnya.Semoga makalah ini berguna bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment